Apa itu Sound Card?

Berbicara mengenai komputer untuk tujuan multimedia, hal ini tidak lepas dari beberapa hardware yang dibutuhkan. Salah satunya adalah sound card yang banyak dibutuhkan di laptop/PC masa kini. Hardware ini membantu suara nada dan irama menjadi lebih baik.

Tanpa adanya perangkat ini, pastinya komputer akan banyak kekurangan. Terlebih sudah banyak orang yang berkecimpung di dunia multimedia saat ini. Dimana tidak hanya tampilan grafis yang dianggap penting, namun juga kualitas suara.

Pengertian Sound Card

Sound Card Adalah

Sound card adalah sebuah hardware yang berperan sebagai pengolah data audio dan suara pada komputer/laptop. Hasil olahan data itu berupa audio dan suara yang dikeluarkan melalui speaker atau headset yang digunakan.

Jadi, ketika membuka file multimedia berupa audio, namun suaranya tidak keluar maka yang patut dipertanyakan adalah kondisi sound card. Pada dasarnya, komponen ini terhubung melalui slot PCI atau ISA yang ada pada mainboard.

Seiring perkembangan teknologi, kini alat ini juga sudah bisa di tambahkan melalui soket khusus. Biasanya dikenal pula dengan istilah sound card eksternal.

Jenis Sound Card

Hardware ini dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan metode pemasangannya pada perangkat komputer. Diantaranya adalah soundcard on-board, soundcard off-board, dan soundcard eksternal. Untuk lebih jelasnya, simak dalam ulasannya di bawah ini.

1. Sound Card On-Board

Sound Card On-Board

Jenis ini sudah terpasang secara default pada mainboard komputer. Jadi, bentuknya adalah berupa chipset yang menempel langsung dengan motherboard. Pengoperasian komponen ini membutuhkan kinerja prosesor.

SC on-board memang lebih cocok digunakan untuk aktivitas mulitmedia yang standar. Misalnya untuk mendengarkan musik dan menonton film favorit di komputer/laptop. Jika digunakan lebih dari tujuan tersebut, maka jenis ini dirasa kurang memadai.

2. Sound Card Off-Board

Sound Card Off-Board

Jenis berikutnya adalah SC off-board. Kebalikan dari on-board, pemasangannya membutuhkan slot khusus pada motherboard. Biasanya slot yang digunakan bertipe PCI atau slot ISA.

Tak heran jika jenis ini juga dikenal dengan sebutan SC PCI. Perangkat ini merupakan tambahan asal saat dipasang menggunakan slot yang cocok. Kualitas suara yang dihasilkan tentunya lebih baik dibanding yang sudah terpasang secara default.

Tak heran penggunaannya juga sedikit lebih kompleks. Terutama untuk memenuhi kebutuhan audio saat ini. Jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk audio input (rekaman) dengan hasil output yang jauh lebih berkualitas.

3. Sound Card Eksternal

Sound Card Eksternal

Kalau yang ini disambungkan ke perangkat komputer/laptop dengan memanfaatkan port USB. Pada dasarnya, hardware ini termasuk terobosan baru di zaman modern ini. Tidak hanya kualitas suara yang dihasilkan sangat bagus, namun pemasangannya juga mudah dilakukan.

Teknik pemasangannya hanya tinggal pnp (plug and play). Bagi yang sering melakukan perekaman suara, sangat direkomendasikan menambahkan SC eksternal ini pada perangkat komputer.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan SC jenis ini memang kian bertambah. Bahkan beberapa produsen produknya kian laris di pasaran, misalnya Sound Blaster dan Creative Labs.

Namun, penggunaannya tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan multimedia yang dilakukan. Seorang yang suka bermain game dan menginginkan suara layaknya home theatre, direkomendasikan utnuk menggunakan jenis eksternal ini.

Fungsi Sound Card

Hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui lebih dalam mengenai fungsinya. Seperti yang telah disebutkan di atas, fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai pengolah data audio pada perangkat komputer.

Dengan mengenal berbagai fungsi dan manfaatnya, Anda yang bekerja tidak jauh dari audio komputer akan terbantu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak fungsinya secara umum berikut ini.

1. Melakukan Konversi Sinyal Digital & Analog

Melakukan Konversi Sinyal Digital & Analog

Pada dasarnya, sebuah komputer merupakan wahana digital yang menarik dieksplorasi. Namun, tentunya pengguna membutuhkan berbagai perangkat tambahan untuk merasakan fungsi sesuai kebutuhan.

Begitu pula jika ingin menggunakan komputer sebagai alat multimedia yang lebih baik dalam menghasilkan suara. Sound card akan mengubah sinyal analog maupun digital menjadi gelombang sonic. Proses ini penting dilakukan untuk menghasilkan file audio yang lebih baik.

2. Meningkatkan Kualitas I/O Audio

Meningkatkan Kualitas I O Audio

Perkembangan musik yang dihasilkan musisi modern saat ini memang tidak bisa lepas dari perkembangan dunia komputer. Termasuk soundcard yang memiliki spesifikasi yang semakin bagus.

Hardware ini juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas input dan outpun audio yang dilakukan pengguna. Beberapa tempat yang membutuhkan peningkatan kualitas ini adalah bioskop, home theater,dan audio surround HD.

3. Membantu Menambahkan Fitur-Fitur Pengolahan Suara

Membantu Menambahkan Fitur-Fitur Pengolahan Suara

Musik-musik modern yang berkembang saat ini membutuhkan sound card yang memadai ketika diedit pada komputer. Nah, alat ini diperlukan untuk menambahkan berbagai fitur perngolahan suara. Diantaranya adalah 3D sound, bass booster, live sound, dan lain-lain.

4. Mengkonvesi Audio dari Piringan Hitam

Mengkonvesi Audio dari Piringan Hitam

Audio dari piringan hitam atau kaset pita perlu diproses secara khusus agar menghasilkan audio sebagaimana mestinya. Sebuah soundcard akan mengkonversi data tersebut menjadi audio data digital sesuai kebutuhan.

5. Mengatur Equalizer Suara

Mengatur Equalizer Suara

Dalam dunia perekaman suara besar kecilnya volume suara atau equalizer memag penting diperhatikan. Dengan menggunakan SC yang memadai, suara yang keluar dan masuk (rekaman) bisa diatur lebih leluasa agar volumenya pas.

6. Mengolah Data Suara Rekaman

Mengolah Data Suara Rekaman

Saat melakukan perekaman, hasilnya tidak akan terdengar tanpa pemrosesan dari sound card. Alat ini berfungsi untuk mengolah data suara input (rekaman) melalui berbagai cara. Baik secara langsung dengan berbicara, headset, maupun melalui microphone.

7. Untuk Editing Suara/Audio Musik

Untuk Editing Suara Audio Musik

Perkembangan dunia musik modern juga membutuhkan perangkat ini. Tak heran jika musik yang banyak didengarkan saat ini juga memiliki peran sound card di dalamnya. komponen ini berfungsi untuk membantu proses editing dan mengolah audio musik jadi lebih baik.

Penggunaan komputer akan begitu hampa jika data audio tidak diproses dengan alat ini. Hal ini akan membuat komputer tidak dapat menghasilkan suara apapun.

Terlebih perkembangan dunia multimedia yang semakin gencar saat ini. Dengan menggunakan soundcard sesuai fungsinya, maka file audio yang dihasilkan pun akan lebih memuaskan.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar