Tingkatan Prosesor Intel Berdasarkan Generasi & Spesifikasi

Berbicara mengenai ‘otak komputer’, tampaknya tidak bisa lepas dari merek prosesor yang satu ini. Intel telah bertahun-tahun menguasai pasar prosesor di seluruh dunia. Meski kini tergeser oleh AMD. Bagi yang ingin menggunakan prosesor ini, sebaiknya simak tingkatan prosesor Intel berikut ini.

Keberadaan prosesor dalam perangkat komputer sangat krusial. Tak heran ketika seseorang hendak membeli PC/laptop, salah satu yang perlu diperhatikan adalah prosesor yang digunakan. Jika awam mengenai hal ini, ada baiknya mengenalinya terlebih dahulu demi mandapat performa yang baik.

Tingkatan Generasi Prosesor Intel

Tingkatan produk prosesor ini pada dasarnya bisa dibedakan berdasarkan generasi dan spesifikasinya. Adapun urutan prosesor Intel berdasarkan generasi yang dirilis adalah sebagai berikut.

1. Nehalem

Nehalem

Berbicara mengenai generasi pertama prosesor Intel, maka jawabannya adalah Nehalem. Meskipun merupakan generasi pertama, performa dan efisiensi yang ditawarkan sudah cukup bagus. Prosesor ini membutuhkan daya sesuai dengan durasi sesuai penggunaan saat prosesor berjalan.

Ketika komputer tidak sedang melakukan tugas apapun, maka daya tidak akan berkurang. Menariknya, tidak semua jenis prosesor memiliki kemampuan unik ini.

2. Shandy Bridge

Shandy Bridge

Generasi Intel kedua bertajuk Sandy Bridge yang tampilannya jelas lebih bagus dibanding generasi pertama. Kinerja prosesor ini disebut-sebut 40-60% lebih  baik dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kelebihan yang dinilai cukup memuaskan bagi penggunanya.

3. Ivy Bridge

Ivy Bridge

Intel semakin gencar memperbarui produk procesornya dengan merilis generasi ketiga, yaitu Ivy Bridge. Terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari generasi yang satu ini.Tak heran jika pengguna perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan ketika memilih generasi ini.

3. Haswel

Haswel

Tingkatan prosesor Intel berikutnya adalah Haswal. Prosesor ini dirilis pada tahun 2013. Pada dasarnya, teknologi fabrikasi yang digunakan tidak jauh berbeda dengan generasi Ivy Bridge. Meski demikian, generasi Haswl ini tetap memiliki keunggulan yang bisa diandalkan.

Terutama dalam hal peningkatan performa grafis atau GPU. Dengan demikian, penggunaannya cukup direkomendasikan untuk komputer yang menjalankan media grafis yang kencang.

4. Broadwel

Broadwel

Broadwel menjadi urutan prosesor Intel berikutnya yang bisa diketahui. Prosesor ini memiliki desain yang lebih ringkas dibanding generasi sebelumnya. Hal ini berbanding lurus dengan daya yang dibutuhkan yang ternyata tergolong hemat.

Meski ukurannya termasuk kecil, namun performa yang ditawarkan memang tidak boleh diragukan. Bahkan dapat membuat perangkat PC/laptom semakin performatif.

Baca juga : 11 Tingkatan Prosesor AMD dari Awal Sampai yang Terbaru

5. Skylake

Skylake

Skylake juga menjadi salah satu generasi prosesor Intel yang menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Meski demikian, prosesor ini sudah mengusung teknologi Speed Shift. Artinya, kecepatan memproses yang ditawarkan dikenal lebih stabil dan tidak mudah panas.

6. Kaby Lake

Kaby Lake

Kaby Lake menjadi generasi prosesor Intel selanjutnya setelah Skylake. Tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, teknologi fabrikasi yang digunakan masih serupa. Hanya saja, versi yang digunakan masih lebih unggul dibanding sebelumnya.

Performa yang ditawarkan prosesor ini mungkin terkesan setara dengan Skylaje. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Mungkin dikatakan demikian karena arsitektur GPU yang digunakan masih menggunakan tipe yang sama.

7. Coffe Lake

Coffe Lake

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa generasi Coffe Lake ini merupakan seri pelengkap generasi kaby Lake. Anggapan ini membuat  teknologi yang diusung semakin ditingkatkan. Tak heran jika akhirnya generasi prosesor Intel ini disebut lebih unggul dengan berbagai fitur menarik.

8. Ice Lake

Ice Lake

Tingkatan prosesor Intel generasi selanjutnya bertajuk Ice Lake. Perbedaan dengan generasi selanjutnya terdapat pada teknologi fabrikasi yang sudah semakin mengecil. Selain itu, tampilannya pun sudah semakin tipis dibanding sebelumnya.

Ukuran yang kecil ini dikenal lebih mutakhir dan mumpuni. Teknologi fabrikasi yang ditawarkan membuat prosesor ini dikenal lebih efisien. Tidak hanya itu, kelebihan lainnya adalah tidak memakan daya terlalu besar.

Pelajari juga : 3 Perbedaan Prosesor Intel dan AMD, Bagusan Mana?

9. Comet Lake

Comet Lake

Tidak sampai Ice Lake, generasi terbaru prosesor Intel berikutnya adalah Comet Lake. Pada dasarnya, teknologi fabrikasi yang diterapkan tidak jauh berbeda dibanding generasi sebelumnya.

Comet Lake mengusung fabrikasi 14 nm+. Tanda plus tersebut menandakan penambahan kualitas performa yang ditawarkan.

Tingkatan Spesifikasi Prosesor Intel

Sebagai merek legendaris, tingkatan prosesor Intel bisa dibedakan berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan. Produk-produk prosesor yang dirilis vendor ini dibagi menjadi berbagai segmentasi pasar. Jadi, tiap produk menyediakan performa sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer.

Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Tentunya, semakin tinggi spesifikasinya, harga prosesor pun semakin tinggi. Daripada penasaran, berikut beberapa tingkatan prosesor Intel dari terendah sampai tertinggi berdasarkan spesifikasi.

1. Intel Celeron

Intel Celeron

Intel Cleron merupakan tingkatan paling dasar yang dirilis Intel. Prosesor ini lebih direkomendasikan untuk kebutuhan komputing pemula. Variasi yang ditawarkan mulai dari Core 2 dan Core 4 dengan kecepatan memproses 3.2 Ghz.

Namun, di era teknologi yang semakin maju ini membuat Intel Celeron sudah semakin jarang digunakan. Mengingat kekurangan dan performanya yang belum memadai untuk melakukan berbagai tugas di komputer masa kini.

2. Intel Pentium

Intel Pentium

Intel Pentium memiliki satu tingkat performa yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Adapun kecepatan pemrosesan yang ditawarkan adalah sebesar 3.9 Ghz. Kualitas komputing lebih mahir dan lebih baik untuk generasi.

Selain itu, bisa dibilang generasi pentium ini memiliki banyak perkembangan. Tingkatan processor Intel Pentium mulai dari versi Pentium Pro, Pentium II, Pentium III, Pentium 4, Pentium M, Pentium D, dan seterusnya.

3. Intel Corei3

Intel Corei3

Intel Corei3 banyak diterapkan pada komputer/laptop yang mengerjakan tugas lebih berat. Prosesor ini memiliki dua pilihan, yaitu pilihan 2 core dan 4 core. Sedangkan kecepatan performa tingkatan processor Intel core i3 ini mencapai 4 Ghz.

4. Intel Corei5

Intel Corei5

Prosesor ini sudah termasuk dalam kategori kelas atas. Mengingat teknologi yang diusung adalah Turbo Boost yang sudah cukup handal. Seperti yang telah diketahui generasi sebelumnya, yaitu Intel Corei3 hanya dibekali 2 atau 4 core saja.

Untuk generasi prosesor ini sudah tersedia pilihan 4 dengan kecepatan maksimal mencapai 4,3 Ghz. Tidak hanya itu, bahkan di dalamnya juga sudah mendukung streaming konten 4K dan video 360 derajat.

5. Intel Corei7

Intel Corei7

Generasi ini menghadirkan pilihan 4 sampai 6 core yang lebih mahir performanya. Mengingat kecepatan yang ditawarkan mencapai 4.5 Ghz. Tentunya, berbagai tugas berat komputer bisa dijalankan dengan baik menggunakan prosesor Intel Corei7 ini.

Tidak hanya soal kecepatan, prosesor ini juga sudah diperkaya berbagai hal grafis yang sangat mumpuni dan bisa diandalkan.

6. Intel Corei9

Intel Corei9

Bisa dibilang bahwa prosesor Intel terbaru ini menawarkan performa jauh lebih handal dibanding generasi sebelumnya. Prosesor ini menyediakan 6 core dengan kecepatan mencapai 4.8 Ghz.

Teknologi yang diusung berupa Intel Optane yang tersemat dengan baik di dalamnya. Tak heran jika penerapannya sangat cocok pada komputer berspesifikasi super tinggi. Komputer yang dibekali prosesor ini dapat menjalankan berbagai macam pekerjaan dengan baik.

7. Intel CoreX-Series

Intel CoreX-Series

Prosesor yang satu ini masih menduduki Top Performa dari produk Intel Intel CoreX-Series sudah dibekali 19 core dan 36 thread di dalamnya. Maka tidak perlu meragukan performa prosesor ini sama sekali.

Tingkatan prosesor Intel di atas semoga bisa menjadi referensi yang baik ketika Anda hendak membeli komputer/laptop. Memang ada baiknya mengenali prosesor yang digunakan terlebih dahulu. Selain itu, penting untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Tinggalkan komentar