Ukuran Banner Youtube dalam Pixel (PC dan HP)

Channel Youtube biasanya memiliki gambar di bagian atasnya yang disebut sebagai banner atau header. Bagian ini biasa dipakai untuk menampilkan gambar sesuai keinginan pemilik channel. Jika ingin membuat desain sendiri, sebaiknya ketahui ukuran banner Youtube terlebih dahulu.

Header ini sering disepelekan oleh para kreator, padahal perannya cukup penting. Jika header atau banner tampak menarik, makin banyak pula orang berkunjung ke channel tersebut.

Pedoman Ukuran Banner Youtube

Pedoman Ukuran Banner Youtube

Perlu diketahui bahwa Youtube memiliki aturannya sendiri, termasuk dalam hal ukuran header atau banner channel. Uniknya, ukuran banner tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari perangkat yang digunakan untuk membuka Youtube.

Jadi, banner channel bisa terlihat penuh jika dilihat pada perangkat seperti televisi. Sementara ketika dibuka menggunakan laptop atau smartphone, banner akan tampak terpotong. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui ukurannya terlebih dahulu supaya tidak ada bagian yang terpotong.

Berikut ini rincian pedoman ukuran banner atau header channel yang telah ditetapkan oleh pihak Youtube.

  1. Dimensi minimum gambar yang sebaiknya diupload untuk banner atau header channel adalah 2048 x 1152 pixel. Semenara ukuran idealnya adalah 2560 x 1440 pixel.
  2. Untuk menempatkan teks logo dengan aman ada area berukuran 1546 x 423 pixel. Semua logo dan tulisan yang masuk ke dalam area tersebut akan selalu terlihat ketika channel dibuka melalui perangkat apa pun.

Jadi, kalau ingin menambahkan gambar dan teks, sebaiknya tidak di luar area tersebut supaya tidak terpotong.

  1. Lebar maksimum dari banner atau header adalah 2560 x 423 pixel. Dengan ukuran tersebut, area aman bisa selalu tampak di perangkat apa pun dengan ukuran berapa pun.
  2. Ukuran file gambar yang diupload tidak lebih dari 6 MB. Jika lebih dari itu, sistem Youtube akan menolak gambar tersebut.

Itulah panduan yang diberikan Youtube untuk mengatur ukuran banner di channel. Sekarang bisa menggunakannya sebagai pedoman atau patokan ketika membuat desain banner. Untuk membuat desain tersebut, gunakan aplikasi seperti Photoshop, Canva, atau aplikasi desain lainnya.

Cara Mengubah atau Menambahkan Banner di Youtube

Setelah mengetahui panduan ukuran serta membuat desain banner, sekarang waktunya untuk mengupload atau mengubah banner yang ada di channel Youtube.

Untuk mengedit banner di channel Youtube, sebaiknya gunakan laptop atau PC supaya lebih mudah. Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini jika belum mengetahui caranya.

  • Pertama, buka browser di laptop atau PC. Pilihan browser yang disarankan adalah Chrome serta Firefox versi terbaru.
  • Kunjungi situs Youtube yang memiliki alamat https://youtube.com/.
  • Klik tombol Login jika belum masuk ke akun sebelumnya. Jika sudah log in, langkah ini bisa dilewati.
  • Klik tombol profil yang ada di bagian kanan atas halaman Youtube.
  • Setelah itu pilih menu Your Channel.
  • Klik pada opsi Customize Channel.

Klik pada opsi Customize Channel.

  • Anda akan diarahkan ke halaman berisi preview channel serta beberapa tombol yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai aksi.
  • Klik pada tombol Add Channel Art pada bagian header channel.
  • Jika sebelumnya sudah memiliki banner dan ingin diubah, Anda bisa memilih opsi Edit kemudian pilih Edit Channel Art.
  • Pilih file gambar yang sudah disiapkan sebelumnya.

Pilih file gambar yang sudah disiapkan sebelumnya.

  • Jika ingin mengupload foto dari Youtube Photo Gallery, klik pada tombol Gallery.
  • Youtube akan memberikan preview atau tampilan pratinjau dan menyesuaikan cropping pada channel art.
  • Jika sudah sesuai harapan, klik pada opsi Done.

Menentukan ukuran banner dengan tepat akan menjadikan tampilan channel youtube Anda lebih menarik. Silahkan kreasikan imaginasi Anda menggunakan banner menjadi pemikat subcriber.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar