Ukuran Banner Standing X, Y, Roll Up dan Digital Web

Mendesain dan mencetak banner terkadang memberi tantangan tersendiri bagi para pemula. Dalam melakukan pekerjaan ini, desainer tidak saja harus memastikan bahwa pesan tersampaikan dengan baik, namun juga perlu memastikan bahwa panjang pesan tersebut sesuai dengan ukuran banner.

Oleh karena itu, desainer perlu menentukan ukurannya yang didesain sesuai dengan ukuran cetak banner. Dengan demikian, hasil cetak banner akan terlihat maksimal. Selain itu, desainer juga perlu menentukan bahan yang tepat agar tampilan banner terlihat semakin baik.

Macam-macam Ukuran Banner

Di era digital ini, banner tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak namun juga digital. Banner cetak pada umumnya diukur dalam satuan centimeter dan banner digital atau online biasanya diukur dalam satuan pixel. Keduanya tersedia dalam berbagai pilihan ukuran.

1. Ukuran Banner Cetak

Pihak printing banner biasanya menawarkan jasa cetak banner yang beragam, tergantung pada jenisnya. Pilihan ukuran tersebut adalah sebagai berikut.

Standing X-Banner

Standing X-Banner

Rangka standing x-banner besar biasanya digunakan untuk memasang banner berukuran 180 x 80 cm. Karena ukurannya cukup besar, maka banner tersebut cocok dipasang di area outdoor.

X-Banner Indoor

X-Banner Indoor

Pada umumnya, rangka x-banner indoor memiliki ukuran 160 x 60 cm. Meski demikian, ada juga x-banner indoor yang dapat dipakai untuk memasang banner berukuran 120 x 60 cm.

Mini X-Banner

Mini X-Banner

Seperti namanya, rangka mini x-banner hanya dapat digunakan untuk memasang banner berukuran kecil, yaitu 26 x 38 cm.

Y-Banner

Y-Banner

Ukuran y-banner yang umum ditemui adalah 160 x 60 cm sehingga rangka ini cocok untuk memasang banner dengan ukuran yang sama.

Roll-Up Banner

Roll-Up Banner

Roll-up banner memiliki ukuran yang beragam, yaitu 150 x 200 cm, 160 x 60 cm, dan 85 x 200 cm. Rangka banner ini lebih sering digunakan untuk memasang banner di area indoor.

Baca Juga:

2. Ukuran Banner Digital

Banner digital dapat ditemukan di berbagai situs website. Masyarakat terkadang menyebutnya dengan istilah banner online. Ukuran dari banner ini berbeda-beda berdasarkan jenisnya.

Banner Leaderboard

Jenis banner digital ini biasanya ditemukan pada halaman blog dan berisi iklan. Jenis ini berukuran 728 x 90 pixel.

Banner Medium Rectangle

Jenis medium rectangle ini berukuran 300 x 250 pixel. Para pengiklan biasanya lebih suka dengan banner tersebut karena banner medium rectangle biasanya mendapat banyak klik.

Banner Large Rectangle

Jenis banner digital ini sangat cocok untuk diletakkan pada halaman web yang berisi artikel. Ukuran dari banner large rectangle adalah 336 x 280 pixel

Banner Portrait

Banner portrait berukuran 300 x 1050 pixel. Karena ukurannya yang cukup besar, maka banner ini mudah terlihat oleh pengunjung website. Banner tersebut biasa diletakkan pada sidebar.

Banner Billboard

Jenis banner ini juga berukuran cukup besar, yaitu 970 x 250 pixel. Banner billboard cocok dipasang pada bagian bawah atau bagian atas halaman website.

Baca Juga:

Macam-Macam Bahan Banner

Banner dapat dicetak pada beberapa jenis bahan. Bahan yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda karena adanya perbedaan tekstur dan kilau permukaan bahan.

1. Albatros

Albatros

Bahan ini sering digunakan untuk mencetak banner karena teksturnya halus dan terlihat mengkilap. Sehingga, hasil cetak banner akan terlihat rapi dan berkilau.

Selain itu, bahan ini juga tahan lama karena tidak mudah sobek. Bahan tersebut cocok untuk membuat roll-up banner indoor dan outdoor. Namun, untuk banner outdoor sebaiknya ditambah laminasi.

2. Luster

Luster

Bahan banner ini memiliki tekstur yang sedikit kasar, agak tipis, dan mengkilap. Banner yang dicetak pada bahan ini tidak mudah sobek dan warnanya tidak mudah pudar.

3. Flexy Korea

Flexi Korea

Flexy Korea dapat menghasilkan banner yang berkualitas tinggi karena permukaannya cukup halus. Selain itu, bahannya yang tebal membuat banner flexy Korea lebih tahan lama.

4. Flexy China

Flexi China

Kualitas bahan flexy China sedikit di bawah Flexy Korea karena lebih tipis. Tekstur bahan ini juga sedikit kasar sehingga hasil cetak mungkin terlihat sedikit kurang rapi. Meski demikian, bahan yang terjangkau ini dapat digunakan untuk membuat banner indoor.

Banner adalah media komunikasi 2 dimensi yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk ataupun menyampaikan pesan non-komersil. Agar pesan ini dapat tersampaikan dengan baik, banner harus didesain dengan baik dan dicetak dalam ukuran yang tepat.

Tinggalkan komentar