Ukuran Feed Instagram dalam Pixel dan Ratio

Bagi yang sering mengunggah konten di IG, penting untuk mengetahui ukuran feed Instagram yang sesuai sehingga tidak terpotong. Hal ini penting dilakukan, baik untuk bisnis maupun postingan pribadi agar tampak estetik.

Ketika mengupload postingan dengan ukuran yang sesuai, tentu akan lebih enak dipandang. Anda bisa melihat sendiri bagaimana pengguna IG ternama mengunggah konten di feed miliknya. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan jika ingin mendapat engangement yang lebih baik di IG.

Ukuran Feed Instagram yang Bagus dan Ideal

Jika ingin mendapatkan view yang banyak dan memuaskan dari pengguna lain, Anda perlu memperhatikan tampilan postingan yang diunggah.

Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas postingan adalah ukuran feed Instagram. Oleh karena itu, pengguna IG perlu memperhatikan hal ini dengan baik.

1. Ukuran Foto untuk Feed Instagram

Ukuran Foto untuk Feed Instagram

Ukuran foto untuk feed Instagram yang ideal sebenarnya cukup tinggi, yaitu 1080 x 1080 piksel. Dengan ukuran ini, tampilan postingan akan terlihat enak dipandang karena resolusinya tinggi. Ukuran tersebut terbilang besar karena menyesuaikan dengan layar beberapa perangkat.

Misalnya untuk layar smartphone, laptop, tablet, dan gadget lainnya. Resolusi tinggi dari sebuah foto postingan mengambil rasio 1:1 dengan bentuk square. Sebenarnya ukuran ini masih sama seperti aturan yang pertama kali diluncurkan Instagram.

Jika berbicara mengenai ukuran postingan feed yang ideal, maka ukurannya adalah persegi dengan piksel yang sudah disebutkan di atas. Postingan dengan ukuran tersebut sudah dianggap ideal dan layak tampil di feed Instagram.

Sedangkan untuk resolusi minimal foto di IG adalah 320pi. Jika Anda mengunggah dengan ukuran di bawah angka tersebut, maka akan terlihat buram atau pecah. Oleh karena itu, tetap perhatikan dengan baik berapa resolusi dan ukuran yang tepat sebelum mengunggah postingan foto di IG.

2. Ukuran Video Feed Instagram

Ukuran Video Feed Instagram

Tidak hanya postingan foto, pengguna IG juga perlu memahami ukuran ideal dari video yang hendak diposting. Tentunya hal ini dilakukan agar postingan terlihat nyaman dipandang. Bagi yang sering mengunggah video di IG, pastikan ukurannya telah dipikirkan terlebih dahulu.

Apalagi saat ini sudah banyak tersedia aplikasi editing video, contohnya Kinemaster, VivaVideo, dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan ukuran, video yang diupload akan lebih sempurna karena tidak terpotong pada bagian manapun.

Adapun ukuran ideal untuk postingan video Instagram adalah 1080 x 608 piksel. Sedangkan untuk rasionya sendiri berukuran 1:91:1 agar nyaman ketika ditonton. Terdapat alternatif lain yang bisa dipilih agar konten video yang diposting di feed bisa terlihat menarik.

Ukuran lain yang ideal adalah sebesari 1080 x 1350 piksal dengan rasio layar 4:5. Pada dasarnya, ukuran ini cukup ideal sehingga terlihat bagus saat dilihat di ponsel maupun laptop. Jika salah dalam menentukan maka siapapu yang melihatnya jadi tidak nyaman.

Terlebih jika Anda menggunakan Instagram untuk akun bisnis. Tentunya sangat penting untuk memperhatikan kenyamanan pengguna lain ketika melihat postingan yang dibuat. Sebaiknya perhatikan dengan seksama dalam pemilihan ukuran video seperti ini.

Membuat postingan video tanpa memperhatikan ukuran ideal akan membuat orang lain tidak betah melihatnya. Terlebih jika ada bagian atau gambar penting yang terpotong. Tentunya hal ini akan menjadi nilai minus tersendiri.

Oleh karena itu, perhatikan secara baik-baik berbagai hal sebelum mengunggah konten. Terlebih jika Anda sering melakukan promosi dengan akun IG yang dimiliki.

3. Ukuran Video untuk IGTV

Ukuran Video untuk IGTV

Tidak hanya mengunggah postingan di feed, Anda juga bisa menggunakan fitur IGTV yang disediakan Instagram. Fitur ini sangat cocok bagi yang ingin mengunggah tayangan video lebih dari satu menit.

Tidak kalah penting dari postingan foto dan video, Anda juga perlu memperhatikan ukuran IGTV yang ideal. Dengan demikian, siapapun yang menontonnya akan merasa nyaman. Bagi yang ingin mengunggah konten IGTV, sebaiknya perhatikan rasio dan ukurannya.

Lalu, berapakah ukuran ideal dari sebuah video IGTV? Untuk video IGTV sendiri, ukuran yang ideal adalah 1920 x 1080 piksel rasio 16:9 untuk landscape. Sedangkan bagi Anda yang ingin membuat postingan IGTV potrait, ukuran yang disarankan adalah 1080 x 1920 piksel dengan rasio 16:9.

Kebanyakan orang akan lebih menyukai model landscape pada konten IGTV karena lebih nyaman dipandang. Selain itu, tampilannya lebih sempurna dan pas ditonton. Oleh karena itu, pastikan resolusinya terpenuhi agar video yang ditonton tidak blur atau pecah.

Dengan demikian, gambar akan lebih terlihat bagus dan jelas. Fitur IGTV ini umumnya digunakan untuk membuat konten marketing. Misalnya untuk meningkatkan jumlah view maupun followers dari Instagram.

Oleh karena itu, pastikan gambar dan video yang diupload menampilkan ukuran terbaik agar tampilannya lebih enak dipandang.

4. Ukuran Video untuk Live IG

Ukuran Video untuk Live IG

Tidak hanya postingan feed maupun instastory, Anda juga perlu memperhatikan ukuran Instagram Live. Meski fitur ini tidak terlalu sering digunakan, namun Anda perlu memikirkan ukuran yang pas jika ingin menggunakannya.

Dengan demikian, siaran langsung yang ditayangkan bisa menarik dan nyaman ditonton siapa saja. Lalu, berapakah ukuran video Instagram Live yang ideal dipilih?  Oleh karena itu, penting untuk melakukan setting sebelum memulai live IG.

Perlu diketahui bahwa fitur live di IG ini tidak harus selalu menggunakan ponsel. Pengguna juga bisa menggunakan laptop, namun Anda memang harus menyiapkan beberapa aplikasi tambahan. Baik live dengan ponsel atau laptop, kualitas dan ukuran harus diperhatikan dengan benar.

Keuntungan Menggunakan Ukuran Feed Instagram yang Ideal

Bukan tanpa alasan Anda harus menggunakan ukuran yang ideal untuk gambar atau video yang ingin diposting di IG. Pada dasarnya, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan jika mengikuti pedoman ukuran postingan IG yang ideal.

Adapun beberapa keuntungan yang bisa dirasakan jika memposting foto atau video dengan ukuran ideal adalah sebagai berikut.

1. Postingan Terlihat Lebih Profesional

Postingan Terlihat Lebih Profesional

Keuntungan pertama yang bisa dirasakan adalah foto dan video yang diunggah akan terlihat lebih profesional. Hal ini penting dilakukan jika pengguna sering memanfaatkan Instagram untuk keperluan bisnis.

2. Feed Terlihat Lebih Rapi dan Menarik

Feed Terlihat Lebih Rapi dan Menarik

Jika memposting foto atau video dengan ukuran yang sesuai, tentu pengguna lain yang melihatnya akan lebih nyaman. Hal ini karena tampilan feed akan terlihat lebih rapi dan menarik.

3. Meningkatkan Followers

Meningkatkan Followers

Membuat postingan IG yang rapi dan enak dilihat nyatanya bisa meningkatkan jumlah followers lho. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu jika ingin memperhatikan ukuran dan rasio setiap postingan di IG.

4. Meningkatkan Penawaran Endorsement

Meningkatkan Penawaran Endorsement

Membuat feed yang rapi dan menarik bisa menambah jumlah followers di IG. Semakin menanjaknya jumlah followers, hal ini akan meningkatkan jasa iklan yang ditawarkan, misalnya tawaran endorsement.

Dengan memperhatikan ukuran dan rasio postingan, Anda bisa membuat engangement yang lebih baik untuk IG. Namun, hal ini harus dilakukan dengan konsisten sehingga membuahkan hasil yang baik.

Tinggalkan komentar