Ukuran Poster Sesuai Kebutuhan

Poster menjadi andalan perusahaan, organisasi, dan bahkan usaha kecil untuk mempromosikan produk, jasa, serta mensosialisasikan program dan informasi tertentu. Agar promosi atau sosialisasi tersebut berjalan dengan efektif, maka pemilihan ukuran poster harus dilakukan dengan tepat.

Macam-Macam Ukuran Poster

Para desainer poster dan perusahaan pencetak poster pasti mengenal banyak ukuran dan desain, misalnya seperti pada contoh poster ini. Untuk rinciannya bisa dipelajari di bawah ini:

1. Ukuran A

Poster Ukuran A

Ukuran kertas dengan kode A tersedia dalam beberapa pilihan yang ditandai dengan kode angka yang berbeda-beda.

A0

Ukuran A0 memiliki lebar 84,1 cm (33,1 inci) dan panjang 118,9 cm (46,81 inci). Ukuran kertas ini pertama kali digunakan di Prancis pada saat Revolusi Prancis.

A1

Kertas A1 ini sering sekali digunakan untuk mencetak poster. Ukuran kertas tersebut adalah 59,4 cm (23,39 inci) x 84,1 cm (33,1 inci).

A2

Kertas ini tidak terlalu besar, yaitu 42 cm x 59,4 cm. Meski demikian, dengan ukuran font yang tepat, pesan pada poster ukuran A2 dapat terlihat jelas.

A3

Kertas ini lebih kecil dari ukuran A2, yaitu 29,7 cm x 42 cm. Trik membuat poster dengan ukuran ini sama seperti trik membuat poster ukuran A2.

A4

Perusahaan atau organisasi yang ingin menghemat kertas dapat menggunakan kertas ukuran A4 yang berukuran 21 cm x 29,7 cm. Agar poster berukuran kecil ini terlihat jelas, warna yang dipilih sebaiknya hanya dua atau tiga warna saja.

A5

Kertas A5 (14,8 cm x 21 cm) memang sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran lainnya. Meski demikian, kertas ukuran A5 tetap dapat digunakan untuk mencetak poster.

2. Ukuran B

Poster Ukuran B

Kertas ukuran B juga dibagi dalam beberapa pilihan ukuran.

B0

Poster dengan ukuran B0 ini berukuran besar, yaitu 100 cm x 141,4 cm atau jika diubah dalam ukuran inci adalah 39,4 inci x 55,7 inci.

B1

Kertas berukuran B1 memiliki panjang 100 cm dan lebar 70 cm. Ukurannya yang cukup besar membuat kertas ini cocok digunakan untuk mencetak berbagai jenis poster.

B2

Ukuran B2 memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Poster tersebut memiliki panjang 70 cm dan lebar 50 cm.

3. Ukuran Besar/Architectural D

Poster Ukuran Besar Architectural D

Poster yang ada di atas ini memiliki panjang 91 cm dan lebar 61 cm.

4. Ukuran Sedang/Architectural C

Poster Ukuran Sedang Architectural C

Kertas architectural C memiliki ukuran yang lebih kecil dari architectural D, yaitu 61 cm x 46 cm.

5. Ukuran Kecil

Poster Ukuran Kecil

Poster kecil tersebut memiliki ukuran 28 cm x 43 cm. Poster kecil ini disebut juga dengan istilah tabloid atau ladger.

6. Ukuran Bus Stop

Poster Ukuran Bus Stop

Seperti namanya, poster berukuran bus stop ini banyak dijumpai di terminal bus, halte bus, dan stasiun kereta api atau MRT. Ukurannya adalah 152,4 cm x 101,6 cm.

7. Poster One Sheet

Poster One Sheet

Meski sering ditemui di terminal, stasiun, dan halte bus, poster one sheet memiliki ukuran yang lebih kecil dari bus stop, yaitu 101,6 cm x 68,6 cm.

Tips Menentukan Ukuran

Poster yang tepat dapat secara efektif menyampaikan informasi yang diinginkan. Penentuan ukuran tersebut harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan agar diperoleh ukuran yang tepat.

Berikut beberapa panduan pemilihan yang tepat:

1. Poster Dinding

Ukuran Poster Dinding

Poster dinding banyak ditemui di sekolah, rumah sakit, kampus, dan tempat umum lainnya. Ukuran yang tepat adalah A2, A3, A4, tabloid, dan ukuran sedang.

2. Poster Indoor

Poster Indoor

Poster yang diletakkan di area indoor berukuran besar, misalnya mall, sebaiknya berukuran A0, B0, atau ukuran yang sedikit lebih kecil dari dua ukuran tersebut.

3. Poster Outdoor

Poster Outdoor

Untuk promosi film atau produk yang akan diletakkan pada area outdoor sebaiknya menggunakan kertas ukuran architectural D. Poster ini juga cocok dipasang di mall dan pameran.

4. Poster Komersial

Poster Komersial

Poster komersial memiliki ukuran yang beragam. Pemilihan ukurannya tergantung tempat di mana poster tersebut dipasang. Kertas dengan ukuran A1 dan A2 cukup lazim digunakan.

Namun, jika poster ini akan ditempel di terminal, halte, dan stasiun, maka  poster bus stop atau one sheet ini menjadi pilihan yang tepat. Dan jika poster tersebut akan ditempel di tiang listrik, maka ukuran yang tepat adalah A3, A4, dan A5.

5. Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan Masyarakat

Untuk poster layanan masyarakat, ukuran kertas yang direkomendasikan adalah ukuran B1. Agar informasi tentang layanan masyarakat ini tahan lama, maka jenis kertas yang dipilih harus benar-benar berkualitas.

Memilih ukuran yang besar ternyata tidak selalu menjadi keharusan. Poster berukuran sedang dan kecil ternyata juga dapat menyampaikan pesan dengan efektif jika pembuatnya memilih font, warna, dan gambar yang tepat.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar