Ukuran Spanduk Standar yang Paling Umum

Spanduk adalah salah satu media informasi yang diandalkan oleh banyak organisasi komersil dan non-komersil untuk menyampaikan beragam pesan. Pembuatan spanduk tidak selalu mudah bagi pemula. Kesalahan pada pengaturan ukuran spanduk saja dapat membuat desain yang bagus terlihat ambyar.

Selain harus mempertimbangkan ukuran, desainer spanduk juga harus mempertimbangkan bahan yang akan dipakai untuk membuat spanduk. Pemilihan bahan yang tepat dapat membantu penghematan budget pembuatan dan menjadikan spanduk tahan lama.

Macam-Macam Ukuran Spanduk

Macam-Macam Ukuran Spanduk

Perusahaan printing spanduk menawarkan jasa cetak spanduk dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan para pelanggannya. Bentuk dari spanduk ini biasanya berbentuk persegi panjang dengan orientation landscape.

Pilihan ukuran spanduk persegi panjang adalah:

  • 5×1 m
  • 4,5×2 m
  • 4×0,8 M
  • 3×1 m
  • 3×0,8 m
  • 2×1,5 m

Memilih spanduk berukuran besar, misalnya 4,5×2 m atau 5×1 memungkinkan desainer spanduk untuk menuliskan kalimat yang panjang. Akan tetapi, pemilihan ini juga harus mempertimbangkan luas tempat pemasangan spanduk.

Oleh karena itu, jika tempat pemasangan spanduk tidak terlalu luas, desainer sebaiknya memilih spanduk yang berukuran sedang atau kecil. Agar spanduk yang dibuat terlihat baik dan tulisannya terbaca dengan jelas, desainer juga perlu mengatur ukuran spanduksejak awal proses pembuatan.

Pengaturan ukuran desain spanduk yang dilakukan sejak awal memungkinkan desainer untuk menuliskan kalimat spanduk sesuai dengan ukuran serta mengatur ukuran font dengan tepat. Sehingga spanduk tersebut akan terbaca dengan jelas.

Apabila ia mencetak spanduk berukuran 5×1 m tapi pengaturan ukuran desain spanduk adalah 3×1 m, maka hasil cetak spanduk tidak akan memuaskan. Hal yang sama juga akan terjadi jika ukuran desain spanduk lebih besar dari pada ukuran cetak.

Baca Juga:

Macam-Macam Bahan Spanduk

Selain memilih ukuran yang pas, pembuatan spanduk juga perlu mempertimbangkan bahan spanduk yang akan digunakan. Jika spanduk akan dipasang di area indoor, maka pembuat tidak perlu memilih bahan yang berkualitas tinggi.

Namun, jika spanduk akan dipasang di area outdoor, maka bahan spanduk harus merupakan bahan yang berkualitas baik. Pemilihan ini diperlukan agar spanduk tidak cepat rusak saat diterpa panas matahari, hujan, dan angin.

1. Flexi Jerman

Flexi Jerman

Bahan spanduk ini memiliki kualitas yang sangat baik sehingga cocok digunakan untuk spanduk outdoor. Meski demikian, karena harganya yang lebih mahal, tidak semua perusahaan printing spanduk memilikinya. Hanya perusahaan besar saja yang menawarkan bahan spanduk ini.

2. Flexi China

Flexi China

Bahan ini memiliki permukaan yang sedikit kasar, berserat, dan tipis. Meski cukup baik untuk membuat spanduk outdoor, namun spanduk ini lama-lama warnanya  akan pudar. Selain itu, karena permukaannya kurang halus, hasil cetakan terlihat kurang bagus dan mudah retak.

Flexi China dapat dengan mudah ditemukan di hampir semua perusahaan printing karena harganya miring dan banyak peminatnya.

3. Flexi Korea

Flexi Korea

Kualitas bahan flexi Korea lebih baik daripada bahan flexi China. Permukaannya yang halus membuat hasil cetakan spanduk terlihat lebih bagus. Banyak perusahaan printing menyediakan bahan ini karena harganya lebih terjangkau dari flexi Jerman.

4. Banner Cloth

Banner Cloth

Meski namanya banner cloth, bahan ini dapat digunakan untuk mencetak spanduk. Tekstur bahan ini seperti kain dan sifatnya ringan. Dengan demikian, bahan spanduk tersebut cocok untuk membuat spanduk indoor atau untuk diikatkan bersama dengan balon lalu diterbangkan.

5. Luster

Luster

Luster memiliki tekstur kasar, tipis, dan berkilau. Bahan ini cocok sekali untuk membuat spanduk indoor.

6. Albatros

Albatros

Bahan spanduk ini memiliki tekstur yang lembut dan halus. Albatros lebih cocok digunakan untuk membuat spanduk indoor.

Ukuran spanduk dan bahan spanduk ternyata memiliki andil yang cukup besar dalam membuat spanduk terlihat menarik. Oleh karenanya, kedua hal ini harus dipertimbangkan saat mendesain dan membuat spanduk.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar