Ukuran Story Instagram dalam Pixel dan Rationya

Algoritma Instagram memang kerap kali berubah sehingga postingan di feed sering kali ada yang terlewat. Tak heran jika banyak yang beralih membuat story untuk meningkatkan engengement. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran story Instagram yang akan dibuat.

Mungkin Anda pernah mengalami instastory yang ternyata terpotong saat mengimpor gambar dari galeri. Hal ini perlu diatasi mengingat instastory memang memiliki ukuran idealnya tersendiri. Jika penasaran berapa ukuran story yang dibutuhkan, yuk simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

Macam-Macam Ukuran Story Instagram

Jika ingin meningkatkan engangement di media sosial Instagram, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Tidak hanya materi postingan saja yang perlu dipikirkan, melainkan juga ukuran story IG yang akan diposting.

Seperti yang telah diketahui, postingan story kerap kali terpotong sehingga informasi yang disampaikan kuran maksimal. Bagi pelaku bisnis online yang memanfaatkan media sosial, tentu hal ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus.

Nah, Anda perlu mensiasatinya dengan mengetahui ukuran story Instagram dengan baik. Dengan demikian, hal ini akan meningkatkan engangement dari penggunaan Instagram itu sendiri. Lalu, berapa sebenarnya ukuran ideal dari story untuk diposting?

1. Ukuran Story IG Portait

Ukuran Story IG Portait

Pengguna IG tidak hanya bisa menggunakan hasil jepretan langsung dari kamera untuk membuat instastory. Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang memiliki tools untuk membuat template. Lalu, berapa ukuran template ideal story IG untuk format portait?

  • Ukuran piksel: 1080 x 1920pi (portait)
  • Aspek rasio: 9:16
  • Ukuran maksimal: 30 MB
  • Format: JPEG atau PNG

2. Ukuran Story IG Landscape

Ukuran Story IG Landscape

Tidak jauh berbeda ketika hendak memposting di feed, gambar dengan format landscape akan diperbesar secara otomatis. Aplikasi IG sendiri akan langsung mengambil bagian tengah gambar dengan aspek rasio 9:16.

Fitur Instastory memang semakin di update sehingga foto dengan format landscape tampilannya bisa langsung diposting. Jadi, kini tidak ada bagian yang terpotong jika Anda ingin menjadikan gambar landscape sebagai story.

Foto yang Anda upload akan tampak utuh dan tidak terpotong. Namun, pada area sisa background akan diisi dengan warna background blur.

3. Ukuran Story IG Video

Ukuran Story IG Video

Membuat story tidak hanya berupa foto atau gambar saja. Pengguna IG juga bisa mengupload video untuk dijadikan story. Nah, Anda bisa mengedit video terlebih dahulu sesuai format ukuran yang ideal. Lalu, berapa ukuran ideal untuk sebuah video yang diupload di story?

  • Ukuran piksel: 1080 x 1920pi
  • Ukuran aspek rasio: 9:16
  • Ukuran maksimal: 4 GB
  • Format: MP4 atau MOV

Aplikasi untuk Membuat Template Ideal Instastory

Menyiapkan materi grafis untuk postingan IG penting dilakukan bagi Anda yang ingin meningkatkan engangement di IG. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan template yang sesuai. Nah, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi tambahan agar proses ini lebih mudah.

Salah satu aplikasi yang populer digunakan adalah Photoshop. Namun, Anda juga memiliki alternatif aplikasi lainnya untuk membuat template IG story yang ideal, yaitu sebagai berikut.

1. Canva

Canva

Aplikasi yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya sebagai aplikasi desain grafis. Terlebih akses layanan ini yang fleksibel, yaitu melalui aplikasi maupun situs online. Canva menyediakan berbagai macam template menarik untuk membuat postingan IG.

Aplikasi yang disebut-sebut sebagai alternatif Adobe Photoshop ini memang termasuk mudah digunakan. Termasuk bagi pemula yang belum pernah mengedit template postingan IG. Tools yang ada di Canva pada dasarnya tidak serumit yang ada di Photoshop.

Aplikasi ini menyediakan koleksi foto, ilustrasi, dan gambar vektor yang berlimpah dan bisa dijadikan materi desain grafis. Setiap koleksi template di dalamnya bisa digunakan secara leluasa.

2. Unfold

Unfold

Unfold menjadi salah satu apliaksi yang praktis dan mudah digunakan untuk mengubah ukuran IG story. Template yang disediakan aplikasi ini begitu beragam dan bisa langsung digunakan. Pengguna bisa melakukan editing dengan mudah sekaligus menambahkan efek dan filter yang sesuai.

Anda tidak hanya bisa mengedit foto saja, aplikasi ini juga menyediakan tools untuk mengedit video. Dengan demikian, pengguna bisa membuat materi postingan IG berupa kombinasi foto dan video. Unfold terkenal dengan efek estetiknya berupa vintage dan film.

Tak heran jika Anda membuat postingan dengan fitur ini akan menghasilkan foto dengan efek visual yang unik. Setelah selesai mengedit template, pengguna bisa menyimpan gambar dengan kualitas tinggi.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin menguploadnya di platform lain. Anda akan mendapatkan hasil gambar yang bagus ketika membagikannya saat itu juga.

3. Adobe Spark Post

Adobe Spark Post

Aplikasi ini bisa diandalkan jika Anda ingin membuat postingan IG yang menarik. Pengguna bisa membuat postingan dengan resolusi landscape maupun portrait menggunakan aplikasi ini. Fitur-fitur di dalamnya akan membantu pengguna untuk mempercantik tampilan visual di medsos yang dimiliki.

Pengguna tidak perlu risau akan kesulitan menentukan ukuran postingan yang akan diupload. Aplikasi ini menyediakan sejumlah template yang sesuai tanpa harus banyak mengedit. Untuk mendapatkan template tersebut, tinggal tap satu kali sehingga template langsung dipilih.

Selain membuat template yang ideal untuk Instastory, pengguna juga bisa menggunakan template untuk hal lainnya. Misalnya untuk kolast foto, quote, poster, undangan, grafik, presentasi, sampul profil, iklan Facebook, spanduk blog, thumbnail Youtube, dan masih banyak lagi.

4. Hype Type

Hype Type

Bagi Anda pengguna iOS, aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk membuat postingan IG dengan ukuran sesuai dan menarik. Anda juga tidak perlu melakukan pembelian aplikasi karena Hype Type tersedia gratis di AppStore.

Menariknya, Anda juga bisa membuat animasi tulisan menarik untuk postingan IG. Fitur yang satu ini sangat bermanfaat jika pengguna sudah mulai bosan dengan format tulisan yang itu-itu saja. Ukuran template yang disediakan juga sesuai dengan aspek rasio yang dibutuhkan.

Jadi, Anda tidak perlu mengeditnya secara terpisah menggunakan aplikasi lain. Pengguna juga bisa melihat tulisan yang bergerak dengan fitur yang ada di aplikasi ini. Bagi yang senang menulis quote, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menuliskan 100 karakter dengan font menarik.

5. Buffer

Buffer

Ingin memiliki kemampuan membuat konten IG Story yang mumpuni? Salah satu aplikasi stories creator yang bisa digunakan adalah Buffer. Pada dasarnya, Buffer tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi. Melainkan juga dalam bentuk situs online yang mudah diakses melalui browser.

Aplikasi ini tidak hanya bsia mengatur ukuran story sesuai standar, namun juga dalam hal penempatan teks di dalamnya. Jadi, pengguna bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan posting. Aplikasi ini juga menawarkan fitur auto publish sehingga memudahkan Anda membuat postingan.

Jika sudah menentukan ukuran story Instagram yang tepat, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Namun, tetap pastikan kesesuaikan ukuran, ukuran dokumen, resolusi gambar, dan rasio gambarnya sudah ideal.

Tinggalkan komentar