Ukuran Thumbnail Youtube dalam Pixel & Ratio (Akurat)

Supaya ditonton banyak orang, video Youtube harus dibuat semenarik mungkin. Tak cuma video, thumbnail juga harus dibuat semenarik dan sebaik mungkin. Namun sebelum membuatnya, sebaiknya ketahui ukuran thumbnail Youtube terlebih dahulu.

Mengetahui ukuran sangat penting supaya desain thumbnail yang dibuat bisa pas dan tidak terpotong. Simak pula berbagai tips dan trik untuk membuat sebuah thumbnail yang menarik.

Apa itu Thumbnail YouTube?

Ketika membuka halaman atau aplikasi Youtube, di sana akan tampak banyak gambar kecil. Ketika diklik, pengguna akan diarahkan ke halaman untuk memutar video. Gambar kecil itulah yang disebut sebagai thumbnail atau sampul video.

Biasanya thumbnail ini bisa dilihat di halaman awal Youtube. Selain itu, gambar seperti ini juga tampil di bagian rekomendasi video.

Thumbnail ini biasanya ditambahkan secara otomatis oleh Youtube ketika pengguna selesai mengupload video. Youtube akan memberikan tiga alternatif thumbnail yang diambil dari potongan frame di dalam video.

Fungsi Thumbnail YouTube

Pengguna juga diberi kesempatan untuk mendesain sendiri thumbnailnya sesuai keinginan. Thumbnail buatan sendiri diupload setelah video selesai diupload. Gambar kecil ini memiliki banyak fungsi, berikut penjelasannya.

1. Memberikan Gambaran Video

Memberikan Gambaran Video

Thumbnail video punya fungsi yang sama layaknya sampul pada buku, yaitu memberikan gambaran isi video tersebut. Jadi, penonton bisa mengerti inti konten yang ingin disampaikan oleh kreator. Thumbnail umumnya dibuat dengan perpaduan antara gambar dan teks yang informatif.

2. Menarik Perhatian

Menarik Perhatian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, video bisa jadi menarik karena thumbnailnya. Meskipun ada ungkapan “don’t judge a book by its cover”, namun pemirsa Youtube masih menjadikan thumbnail sebagai tolok ukur menarik atau tidaknya sebuah video.

Impresi awal terhadap sebuah video ditentukan dari thumbnailnya. Oleh karena itu, peran thumbnail dalam video sangat penting.

3. Meningkatkan Conversion Rates

Meningkatkan Conversion Rates

Ketika link video Youtube dibagikan ke media sosial lain atau website, yang akan tampil sebagai preview adalah thumbnail. Jika thumbnail atau sampul video menarik, maka orang-orang akan menonton video Anda. Kemungkinan besar, penonton video akan meningkat drastis.

Ukuran Thumbnail Youtube

Ukuran Thumbnail Youtube

Tertarik membuat custom thumbnail sendiri? Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran gambarnya supaya sesuai dengan ketentuan Youtube. Berikut ini rekomendasi rincian thumbnail menurut Youtube Studio App Help Center.

  • Gambar memiliki resolusi 1280 x 720 pixel atau memiliki lebar minimal 640 pixel.
  • Format gambar yang didukung antara lain PNG, JPG, GIF, dan BMP.
  • File gambar tidak lebih dari 2 MB.
  • Aspek rasio atau perbandingan antara sisi panjang dan sisi lebar adalah 16:9.

Tips Membuat Thumbnail Youtube

Setelah mengetahui ukuran thumbnail yang tepat, ada beberapa tips juga yang perlu diperhatikan ketika akan membuatnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi acuan Anda untuk membuat sampul video atau thumbnail Youtube.

1. Patuhi Aturan

Patuhi Aturan

Youtube merupakan platform yang memiliki ketentuan atau pedoman komunitasnya sendiri. Di dalam pedoman tersebut terdapat aturan mengenai thumbnail. Ada pun hal-hal yang tidak boleh ada pada sebuah thumbnail antara lain:

  • Hate speech
  • SARA
  • Pornografi
  • Kekerasan
  • Penyiksaan hewan

Pastikan thumbnail yang dibuat tidak mengandung unsur-unsur terlarang seperti di atas. Jika ada thumbnail yang didapati mengandung unsur terlarang, Youtube tidak akan segan untuk menurunkan video tersebut.

2. Pakai Template Terbaik

Pakai Template Terbaik

Bingung untuk membuat thumbnail yang menarik dan keren? Jangan khawatir karena ada banyak aplikasi dan tools yang bisa dipakai untuk membantu membuat desain thumbnail. Tools atau aplikasi yang dimaksud antara lain:

  • PixTeller (situs web)
  • Placeit (situs web)
  • Crello (situs web, aplikasi desktop, aplikasi mobile)
  • PicMonkey (situs web dan aplikasi mobile)
  • Adobe Spark (situs web dan aplikasi mobile)
  • Snappa (situs web)
  • Canva (situs web, aplikasi desktop, dan aplikasi mobile)

Semua tools dan aplikasi di atas menyediakan banyak sekali template yang bisa langsung disesuaikan. Jadi, pengguna tidak perlu mendesain thumbnail dari awal.

3. Padukan Grafik dan Gambar

Padukan Grafik dan Gambar

Salah satu metode yang paling banyak digunakan oleh Youtube creator adalah gabungan gambar dengan elemen grafis lainnya. Untuk gambar, kreator biasa mengambil dari potongan scene video. Agar lebih menarik, maka ditambahkan elemen lain seperti teks atau stiker, dan lain sebagainya.

4. Tambahkan Keyword atau Judul Video

Tambahkan Keyword atau Judul Video

Judul video di Youtube memang sudah tertulis dengan sangat jelas. Namun pengunjung lebih sering memperhatikan thumbnail dibanding membaca judul. Oleh sebab itu, sebaiknya para kreator menyelipkan judul atau kata kunci di thumbnail.

Jangan hanya menambahkan teks dengan cara biasa. Kreasikan teks tersebut agar tampilan thumbnail menjadi lebih menarik.

5. Gunakan Font yang Tepat

Gunakan Font yang Tepat

Tips terakhir adalah menggunakan jenis dan warna font yang tepat. Sebaiknya buat thumbnail dengan font yang mudah dibaca dan warnanya kontras dengan latar belakang. Tidak ada salahnya untuk selalu menggunakan jenis font yang sama supaya menjadi ciri khas.

Sekarang Anda sudah mengetahui ukuran thumbnail Youtube yang pas serta tips untuk membuatnya jadi lebih menarik. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo buat thumbnailnya sekarang juga.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar